Jangan Berorientasi Pada Hasil !!???

7 Mentalitas Baru Revolusi Mental
"Untuk bisa maju, jangan anda berorientasi pada hasil!"
Kalimat diatas mungkin bagi banyak orang kelihatannya aneh.
"Loh, memang apa salahnya?" begitu komentar mereka. 
"Bukankah kita berusaha untuk mencapai hasil...!!"

Sebelum membaca alasan di bawah, ada baiknya juga anda membaca "Management By Objective: Hasil itu Milik Siapa" disini.
Tonton juga video "The Death Crawl"  ini. 

Banyak salahnya!
  1. Jika anda hanya fokus pada hasil yang ingin dicapai, maka otak anda hanya berpikir pokoknya hasil harus diperoleh bagaimanapun caranya. Akibatnya orang bisa keblinger menghalalkan segala cara. Dan bila cara yang tidak halal yang dipakai tentu saja akan banyak merugikan orang lain, bukan saja merugikan lawan atau pesaingnya, tetapi juga masyarakat konsumen yang harusnya memperoleh "tontonan" atau hasil karya yang bermutu! Hemmm...., contohnya, lihat saja Pilpres 2014 yang barus saja kita lalui..
  2. Jika anda hanya berorientasi pada hasil, maka bisa jadi dan tanpa sadar anda menjadi anti Tuhan! Loh, kok begitu? Ingatlah bahwa yang menentukan hasil itu bukan kita tetapi Tuhan Yang Maha Kuasa. Bukankah orang islam kalau ditanya hasilnya bagaimana, jawabannya "Insya Allah", artinya jika Tuhan berkehendak. Jadi urusan hasil adalah bukan domain kita tetapi Tuhan YME. Nah kalau kita gusar, kecewa, atau marah karena hasil usaha kita tidak sesuai dengan yang diharapkan, siapakah yang kita marahi itu? Nah, lo...., makanya jangan memaksakan hasil karena berarti mau mendikte bin memaksa Tuhan menuruti kemauan anda...?? Weleh...weleeehhh!
  3. Jika anda hanya mementingkan hasil saja, maka bisa jadi tidak belajar sesuatupun, tidak menambah pengalaman karena anda tidak perduli dengan usaha. Bisa saja hasil sesuai dengan harapan anda karena kebetulan (tiba-tiba dapat, ada orang yg mengerjakannya, sistem sedang berpihak pada anda dsb) tetapi anda tidak tambah ilmunya, sehingga bila yang "kebetulan" itu tidak ada lagi anda akan segera jatuh dan bangkrut!
  4. Jika anda hanya fokus pada hasil, maka hidup anda tidak akan bahagia dan bersyukur. Kenapa? Karena yang namanya hasil sama dengan harapan anda itu jumlahnya sedikit (tergantung Yang Diatas), sedangkan yang lebih sering terjadi adalah "gagal" (saya tidak ingin menggunakan istilah ini) dimana hasil tidak sesuai harapan. Karena yang penting bagi anda adalah (yang sesuai dengan harapan anda) maka anda akan banyak mengalami kekecewaan dan kegusaran. Dan itu tentu saja membuat anda tidak bahagia.
  5. Karena anda tidak perduli pada proses maka anda tidak pernah mencari cara yang lebih baik, dan itu membelenggu anda pada pencapaian yang biasa saja, seperti biasa atau standar saja. Anda tidak pernah bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa, sehingga anda maksimal hanya menjadi orang yang bisa saja, standar.
  6. Nah,... anda bisa teruskan daftar ini bukan?
Silakan kirim masukan anda dan berbagi dengan orang lain. Isi kotak komentar di bawah, dan saya akan menambahkan ke dalam daftar diatas. Ok?, terimakasih atas masukannya.


Baca ini Juga,"Kenapa Kita Harus Berorientasi Pada Proses" disini

7 Mentalitas Baru Revolusi Mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar