2. Hargai Diri Anda

Langkah 2 Mengatasi Sikap Mengeluh

Mungkin kedengarannya aneh buat anda karena cara dibawah ini justru untuk menghargai diri anda:
- Daripada menjadi musuh terburuk anda, cobalah jadikan terbaik anda.
- Daripada merasa kecewa atas kegagalan anda, cobalah pompa diri anda untuk hal baik yang ada dalam diri anda.

Mungkin ini tidak mudah. Seperti waktu masih kecil kita sering diperingatkan untuk "jangan menepuk dada" atau sombong. Memang itu bukan nasihat yang buruk, karena pada dasarnya kita jadi gagal mendapatkan kredit penghargaan dari orang lain pada diri kita dengan berbuat begitu. Dan hal itu akan membuat kita menutup hati, menguras energi, mengurangi kebahagiaan, dan menyuburkan kebiasaan mengeluh.
Salah satu cara memulai menghargai diri adalah dengan berdiri di depan cermin dan bicara kepada diri anda paling tidak sehari sekali. Katakan pada diri anda, "Kamu baik .... Kamu sabar .... Kamu baik hati ... Kamu pekerja keras ... Kamu rajin..." atau apapun yang mengapresiasi diri anda.

Dengan mengapresiasi diri anda, anda menghindarkan diri dari godaan untuk mengelih!

Mungkin anda tidak merasa nyaman, konyol, dan bodoh. Tetapi faktanya, semakin tidak nyaman anda rasakan, semakin anda perlu berusaha mengapresiasi diri anda. Sejalan dengan waktu, akan menjadi lebih mudah menemukan alasan-alasan untuk menyukai dan mencintai diri anda.  
Dan ternyata itu merupakan hal sehat terhebat untuk dilakukan. Bahkan kitab suci mengajarkan sejak 2000 tahun yang lalu bahwa "Anda harus mengasihi tetanggamu seperti Dirimu sendiri."
Psychiatrist Dr. Nathaniel Branden menyetujui ajaran diatas saat ia bertanya, Bagaimana kita menjaga api daalam diri kita tetap hidup? Diperlukan kemampuan mengapresiasi hal positif dalam hidu kita.... setiap hari. Adalah penting untuk bertanya dan menjawab pertanyaan ini: "Apa yang baik dalam hidup saya?"
  
Dr. Brandenbenar. Tetapi ia juga menyinggung hal berikutnya yang harus anda kerjakan untuk mengatasi kebiasaan mengeluh.  Anda harus ....... 


7 Mentalitas Baru Revolusi Mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar