5. Melakukan Perubahan Untuk Lebih Baik

Langkah 5 Mengatasi Skap Mengeluh

Hidup di dunia ini Tidak ada yang sempurna, sehingga selalu saja ada ruang untuk perbaikan. Apapun itu, lihatlah di sekitar anda. Kalau anda sedikit mau mengamati dan berpikir, tentu segera menemukan sesuatu yang bisa anda katakan "sebaiknya begini .... Ini lebih baik kalau .... Kalau saja tidak seperti ini..... Mestinya....." dan seterusnya.

Jelas bahwa tak ada kata 'Tidak Ada yang bisa diperbaiki'. Karena itu di dunia manajemen orang Jepang memiliki "Kaizen" atau continuous improvement alias perbaikan yang berkelanjutan, terus menerus. Jadi, jangan hanya mengeluh tidak sempurna, perbaikilah!

Penulis Maya Angelou menyarankan, "Jika kamu tidak suka sesuatu, rubah itu. Jika kamu tidak bisa merubahnya, rubah sikap anda. Jangan mengeluh."

Jelas bahwa perubahan berangkat dari rasa tidak puas terhadap sesuatu yang dirasa kurang yang diikuti dengan sikap mental positif untuk merubahnya. Tidak mengeluh!  
Jill Blashack Strahan, Presiden Tastefully Simple, dan Kay Watson,  seorang konsultan, memiliki istilah untuk itu yaitu "Divine Discontent"  atau 'Ketidakpuasan Ilahi'. Orang-orang sukses, efektif, dan produktif fokus pada 'kaizen; atau perubahan yang terus menerus itu.

Tentu menyenangkan hidup dengan orang-orang 'Divine Discontent' orang-orang yang selalu mencari cara untuk  memperbaiki dan tidak pernah sangat puas karena mereka tahu mereka selalu dapat membuat lebih baik.

Mungkin beberapa orang akan berkata, "weleh..., kelihatannya terlalu banyak kerja...selalu mencoba membuat perbaikan. Kenapa tidak menerima fakta saja bahwa hidup memang bisa menyebalkan?

Memang ada sesuatu dalam kehidupan yang tidak dapat dirubah. Dan menerima hal yang tidak bisa dirubah adalah kunci untuk merasa damai dan puas. Tetapi tidak mengeluh, kan?

Bagaimanapun juga, ketika kita mencari cara untuk membuat sesuatu lebih baik maka kita seperti sedang membesarkan otot. Dan itu akan menciptakan hasil positif. Sekali lagi, Divine Discontent atau ketidakpuasan ilahi adalah mengetahui begitu banyak yang dapat anda rubah...untuk lebih baik, dan MELAKUKANnya!

Aksi Nyata:
Temukan sesorang yang bisa anda bantu atau layani minggu ini yang kondisinya lebih buruk dari anda!!


7 Mentalitas Baru Revolusi Mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar